Pemuda Hidayatullah Kepri

BMH Perwakilan Kepri, SAR Hidayatullah dan Pemuda Hidayatullah Dirikan Posko Tanggapdarurat Bencana Banjir Kota Batam

Batam – Banjir menggenangi sejumlah wilayah di kawasan Tiban 3 (belakang SPBU), Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Jumat (31/12/2021).

Hujan deras merata terjadi di Batam. Cuaca jelang tahun baru 2022 memang tampak kurang bersahabat pada Jumat siang. 

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau sore ini menimbulkan genangan banjir. Salah satunya di Kel. Tanjung Riau, Kec. Sekupang, genangan banjir memiliki tinggi bervariasi dan bahkan setinggi betis dan pinggang orang dewasa.

Pantauan pemhidakepri.com cuaca mendung terjadi dengan awan comulunimbus yang cukup pekat ketinggian banjir mencapai betis. Tampak pemotor ada yang nekat menerjang lalu mogok begitu pula mobil.

Sejak sekitar pukul 11.00 WIB, memang mulai terjadi hujan dengan intensitas ringan di Batam.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, Jumat (31/12/2021) mengatakan hujan terjadi siang dan sore.

“Prakiraan kami nanti malam Batam berawan. Tapi dini hari nanti hujan,” kata dia.

Ketua DPW Hidayatullah Kepri Ustadz. Darmansyah dan Branch Manager BMH Perwakilan Kepri Ustadz. Abdul Azis ambil langkah cepat tanggap untuk warga yang terdampak, menyisir keliling Kota Batam, dan jumpa disalah satu daerah Kel. Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam.

Branch Manager BMH Perwakilan Kepri langsung mendengarkan keluhan dan kondisi terdampak banjir sekitar Kel. Tanjung Riau.

“Kami dari Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah Insya Allah akan turut membantu semaksimal mungkin kemampuan kami dan ini adalah amanah dari para donatur, diantaranya mendirikan Posko Tanggapdarurat termasuk dapur umum yang menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, sayur-sayuran, pempes, dan sebagainya yang dianggap perlu dan urgent sampai makanan masak siap santap, mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk warga “. Ungkap Ustadz. Azis disampaikan melalui Ketua RW. 20, Kel. Tanjung Riau.

“Ini banjir sudah sejak sekitar jam 17.30 WIB, sebagian warga ada yang mengungsi di mushola dan juga dijemput saudara lainnya yang tidak terdampak banjir, kami mewakili segenap warga juga mengucapkan terima kasih kepada Laznas BMH dan Tim SAR yang telah turut membantu meringankan warga yang terdampak banjir “. Ungkap Pak RW 20, Kel. Tanjung Riau, Bapak Bambang Prihartono saat ditemui di lokasi, Jumat (31/12/2021).

Disisi lain TIM SAR Hidayatullah Kepri, Pemuda Hidayatullah Batam Kepri, BEM Institut Agama Islam Abdullah Said Batam dan STIT Hidayatullah Batam berkolaborasi membantu masyarakat membersihkan rumah warga dan masjid yang tergenang sisa lumpur dan air kotor akibat hujan selama kurang lebih 20 jam.

Bang Pram Ketua SAR Hidayatullah Kepri menyampaikan bahwa malam ini dan besok akan terus membantu warga untuk membersihkan masjid, tempat umum serta rumah warga.

Suhu udara diperkirakan antara 25-29 derajat celcius dan kelembaban udara berkisar antara 70% hingga 90%.

Masyarakat di Kota Batam diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk yang kemungkinan dapat terjadi.

Terutama bagi para nelayan atapun transportasi laut antar kecamatan di Kota Batam ataupun antar daerah lainnya di Kepri.

Keselamatan harus menjadi prioritas utama, karena itu masyarakat diharapkan dapat selalu berhati-hati saat melakukan aktivitas.

Kota Batam sendiri dalam beberapa hari terakhir selalu diguyur hujan lebat. Bahkan bebeberapa titik mengalami banjir.

Rep : Mahdi Muntadzor
Editor : –

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *